Waspadai Cuaca Extrim, Kapolres Lampung Selatan Cek Peralatan SAR


W2NNEWS.COM --- Menyikapi timbulnya cuaca extrim yang terjadi akhir-akhir ini, Polres Lampung Selatan melaksanakan persiapan, baik personil maupun peralatan untuk mengantisipasi dampak cuaca tersebut.

 Seperti dapat disaksikan bersama bahwa, cuaca extrim berupa angin kencang dan hujan lebat terus menerus sudah menimbulkan pohon tumbang dan banjir di mana-mana, termasuk di wilayah Lampung Selatan. 

Seperti telah termonitor ada kebanjiran di Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji, jebolnya tanggul di desa Palas Aji Kecamatan Palas yang menyebabkan banjir sampai ke kecamatan Sragi  dan masuk ke Kantor Camat , banjir juga terjadi di Natar, dan tidak tertutup kemungkinan banjir juga melanda tempat-tempat lain di Lampung Selatan.

Pada Selasa pagi (21/2/2017), Kapolres Lampung Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Dr.Adi Ferdian Saputra melaksanakan pengecekan terhadap personil khususnya dari Sat Pol Air dan dan Sat Sabhara, serta peralatan yang digunakan. baik peralatan utama (alut) berupa perahu karet, maupun peralatan khusus berupa  gergaji  mesin / senso yang semuanya diperlukan dalam kegiatan SAR / penaggulangan bencana.   

Perahu karet dipergunakan untuk mengevakuasi / memindahkan korban yang terlanda banjir, terutama yang mencapai kedalaman cukup extrim. Sedangkan gergaji mesin / senso berfungsi mengevakuasi pepohonan yang roboh menghalangi jalanan umum. 

Menurut Kapolres yang menyatakan bahwa, masalah bencana merupakan permasalahan bersama, dan dalam penanggulangannya pun harus ditangani bersama. Oleh karena itu, Polres Lampung Selatan akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti BPBD, Kodim, dan instansi terkait lainnya. Demikian tambah Kapolres AKBP Adi Ferdian Saputra.

Penulis :  Suripto

Editor   :  Iqbal96

Publish :  Suripto