SIDOMULYO DIGUYUR RP47 M, PLOTING DD-ADD NAIK 26 PERSEN


SIDOMULYO.w2nnews.com – Kecamatan Sidomulyo mendapatkan kucuran anggaran pembangunan tahun 2020 sebesar Rp.47.421.439.194 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Besaran anggaran itu terdiri dari dana pembangunan yang diperuntukkan dibidang PUPR sebesar Rp.8,9 miliar, bidang kesehatan sebesar Rp.1,46 miliar, bidang pendidikan sebesar Rp.4,9 miliar dan bidang Perkim sebesar Rp.3,1 miliar.

Kemudian dibidang pemberdayaan masyarakat desa Rp.157 juta, bidang pariwisata Rp.125 juta, bidang perikanan Rp.38 juta dan bidang peternakan Rp.333,4 juta.

Selain itu, besaran anggaran di kecamatan yang memiliki 16 desa itu, juga ditunjang dari besarnya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang meningkat sekitar 26,6 persen dari tahun sebelumnya.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sidomulyo yang berlangsung di Lapangan Desa Sukabanjar, Rabu (12/2/2020) siang.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto yang membuka kegiatan itu mengatakan, dengan meningkatnya ADD dan DD di Kecamatan Sidomulyo, berdampak juga dengan meningkatnya penghasilan tetap (siltap) dan tunjangan aparatur desa.

“Alhamdulillah tahun ini tunjangannya sudah naik. Ini untuk menambah semangat Pak RT, Pak Kadus untuk membantu menjalankan program-program yang ada di desa,” ujar Nanang.

Selain itu, Nanang juga berpesan kepada seluruh aparatur desa di kecamatan setempat untuk menanamkan kebersamaan dan menggalakkan semangat gotong royong ditengah masyarakat.

“Apalagi sekarang cuacanya ekstrim, perlu kita waspadai, terutama adalah kebersihan lingkungan. Dengan kebersamaan dan gotong royong Pak Kades, Pak Kadus, Pak RT beserta seluruh elemen masyarakat, mari kita jaga lingkungan kita masing-masing,” tandasnya.

Serupa di kecamatan lainnya, kegiatan Musrenbang di Kecamatan Sidomulyo juga disertai dengan pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti operasi pasar murah, pelayanan perizinan terpadu, pelayanan kependudukan dan catatan sipil, cek kesehatan gratis, dan lainnya. (kmf/hbb)